Romi Hasni (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA SISWA KELAS V SD NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131026PGMI.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara melalui strategi pembelajaran aktif model Concept Sentence, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Hanya 5 siswa atau 23% dari seluruh siswa yang berjumlah 22 orang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 68. Kurangnya kemauan siswa untuk bertanya dalam proses pembelajaran ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya tentang pelajaran yang telah di jelaskan. Kurangnya antusias siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran. Dari 22 orang siswa hanya 2 atau 3 siswa saja yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Ketika diberikan latihan siswa lebih cendrung bergantung pada buku untuk menyelesaikannya. Sebagian siswa kurang bisa menyelesaikan latihan yang diberikan oleh guru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif model Concept Sentence untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan siswa yang tuntas berjumlah 5 orang atau 23% dan diperoleh rata-rata klasikal 56 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif model Concept Sentence pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 70 dengan kategori baik, dan siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau 55%. Kemudian tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 79 dengan kategori baik dan nilai siswa seluruhnya tuntas 100%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:11 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8839 |
Actions (login required)
View Item |