Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SDN 028 RIMBO PANJANG

ELHIMA SIFA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB HASIL (IV) - Elhima Sifa.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Bab Hasil)
BAB HASIL (IV) - Elhima Sifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN EEL - Elhima Sifa.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang melalui penerapan model pembelajaran cooperative script . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 30 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script dan keterampilan membaca nyaring siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan keterampilan membaca nyaring diperoleh 58,33 % atau berada pada kategori Kurang. Pada siklus I keterampilan membaca nyaring mencapai 68,08% dengan kategori Cukup. Pada siklus II keterampilan membaca nyaring meningkat menjadi 88,74% dengan kategori sangat baik, artinya keterampilan membaca nyaring sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLAILATUL MUNAWWAROH, -2006069402UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Rasdanelis
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:19
Last Modified: 11 Jun 2025 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88372

Actions (login required)

View Item View Item