Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PENGGUNAAN ALAT BANTU PANDANG (VISUAL AIDS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Tuti Indrawanis (2013) PENERAPAN TEKNIK PENGGUNAAN ALAT BANTU PANDANG (VISUAL AIDS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131025PGMI.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar melalui penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids). Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar ilmu pengetahuan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) dapat Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 006 Alam Panjang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang(Visual Aids) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 006 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa minat belajar siswa hanya mencapai 37% dengan klasifikasi “Rendah” setelah siklus I deketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa mencapai 46% dengan klasifikasi “ Cukup Tinggi” pada siklus ke II dilakukan perbaikan pembelajaran dalam penerapan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) dan menunjukkan peningkatan dan telah mencapai 76% pada klasifikasi “ Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Teknik Penggunaan Alat Bantu Pandang (Visual Aids) secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:10
Last Modified: 06 Nov 2016 14:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item