Nurmalianis (2013) USAHA GURU DALAM MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DALAM BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013434PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi usaha guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak dalam belajar di SDN 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SDN 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SDN 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yang berjumlah 12 orang. Populasi dalam penelitian ini diambil seluruhnya yakni berjumlah 12 orang guru,sebagian penelitian ini di sebut penelitian populasi. Usaha guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak dalam belajar di SDN 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, antara lain guru memberi saran agar tugas selalu dikerjakan sendiri, guru menilai tugas yang diberikan kepada siswa, guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada siswa dalam proses pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan atau bertanya, guru tidak menggunakan afirmasi negatif, guru selalu menggunakan afirmasi positif, guru memperhatikan perbedaan individual siswa, guru memotivasi siswa dalam belajar. Hasil penelitian ini pada observasi I diperoleh persentase sebesar 77%, pada observasi II didapatkan persentase sebesar 78% dan pada observasi III didapatkan persentase sebesar 77%, secara umum usaha guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak dalam belajar di SDN 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dari hasil rata-rata didapatkan persentase sebesar 77,3% atau berada pada kategori baik. Faktor yang mempengaruhi usaha guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak adalah pendidikan, pengalaman dalam mengikuti pertemuan ilmiah, keikutsertaan, sarana, kerjasama dengan staf pengajar lain dan keterlibatan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8836 |
Actions (login required)
View Item |