Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTASI PERTUKARAN TRIO DI KELAS IV SDN 012 KOTO TUO BARAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Mirawati (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTASI PERTUKARAN TRIO DI KELAS IV SDN 012 KOTO TUO BARAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131022PGMI.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran rotasi pertukaran trio pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar, dalam pembelajaran IPA terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Dari 20 peserta didik yang memiliki nilai ulangan harian di atas KKM (nilai KKM 75) hanya 15% (4 orang), itupun nilai maksimal yang tercapai hanya 80. Siswa yang berani bertanya atau menjawab hanya 3-5 orang saja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan penggunaan strategi pembelajaran rotasi pertukaran trio untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Hasil penulisan menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 53,33% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 68.57% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 76.67% dengan ketegori baik.. 2) Aktivitas guru pada siklus I pertemuan sebesar 54% dengan kategori “kurang” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 64% dengan kategori ‘cukup” dan siklus II Pertemuan 1 sebesar 75% dengan kategori “cukup” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 89% dengan kategori “baik”, berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. 3) Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 59% dengan kategori “cukup” pada pertemuan 2 menjadi 68% dengan kategori juga ‘cukup’ dan siklus II pertemuan 1 sebesar 77% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 86% dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi pembelajaran rotasi pertukaran trio. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:08
Last Modified: 06 Nov 2016 14:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item