PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN PADA MAHKLUK HIDUP DI KELAS III SD NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Maspendi, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN PADA MAHKLUK HIDUP DI KELAS III SD NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013433PGMI.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Sains pada materi Perubahan Mahkluk Hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Gerlach dan Ely dalam meningkatkan hasil belajar Sains Siswa materi perubahan pada Mahkluk hidup pada siswa kelas III SD Negeri 002 Kuapan Kecamatan Tambang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan model pembelajaran Gerlach dan Ely Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 002 Kuapan Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian, Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Sains siswa hanya dengan nilai rata-rata mencapai angka 63,25 dengan ketuntasan kelas 65% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai angka 67,5 dengan ketuntasan kelas mencapai 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Gerlach dan Ely dalam proses pembelajaran Sains pada materi Perubahan Mahkluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:07
Last Modified: 06 Nov 2016 14:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item