YENI MUHARNI, - (2025) STRATEGI PENGURUS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) NURUL RAHMAT DALAM MENINGKATKAN MINAT REMAJA UNTUK MEMPELAJARI AL-QUR'AN DI DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI FULL-dikompresi - YENI MUHARNI Peng. Masyarakat Islam.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
HASIL DAN PEMBAHASAN - YENI MUHARNI Peng. Masyarakat Islam.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat publikasi-compressed - YENI MUHARNI Peng. Masyarakat Islam.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketertarikan remaja saat ini terhadap Al-Qur’an yang disebabkan oleh beberapa faktor. Maka perlu adanya strategi pengurus taman pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan minat remaja untuk mempelajari Al-Qur’an melalui beberapa indikator strategi pengurus. Adapun permasalahan pada penelitian ini yaitu, kurangnya minat remaja untuk mempelajari al-qur’an, pada dasarnya al-qur’an merupakan petujuk dalam kehidupan, mempelajari al-qur’an tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan anak-anak saja. Namun, ini diperlukan bagi semua kalangan termasuk remaja yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pengurus Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Rahmat dalam meningkatkan minat remaja untuk mempelajari al-qur’an di Desa Kualu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif serta dengan pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, 1 informan kunci dan 7 lainnya informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pengurus Taman Pendidikan (TPA) Nurul Rahmat dalam meningkatkan mianat remaja dilakukan melalui empat tahapan yaitu strategi perencanaan, melakukan edukasi dan identifikasi untuk menarik dan memahami apa yang dibuhkan masyarakat. Strategi pengorganisasian dilakukkan dengan mengelompokkan pada tiap-tiap bidang dan kemampuan anak. Strategi pelaksanaan mengarahkan dan menggerakkan dengan memberikan motivasi dan metode pendekatan yang sesuai. Strategi pengawasan yaitu dengan memantau atau mengawasi perkembangan anak, sampai dimana potensi yang dikembangkannya, serta melihat apakah telah mencapai target yang menjadi tujuan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
| Depositing User: | Ari Eka Wahyudi | ||||||||
| Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:40 | ||||||||
| Last Modified: | 04 Jun 2025 02:40 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
