PENERAPAN STRATEGI IDENTITAS KORPORAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sarifah Aini, (2013) PENERAPAN STRATEGI IDENTITAS KORPORAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131020PGMI.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Alai. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan strategi identitas korporat yang dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Alai. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013 di Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah sebanyak 16 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan penerapan strategi identitas korporat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 60.31 dengan ketuntasan klasikal 37.50% pada kategori cukup, kemudian pada hasil tes evaluasi pertama pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64.68 dengan ketuntasan klasikal 56.25% yang terletak pada kategori cukup baik dan pada tes evaluasi kedua siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 65.62 dengan ketuntasan klasikal 68.35% yang terletak pada kategori baik. Sedangkan pada hasil tes evaluasi ketiga pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 66.56 dengan ketuntasan klasikal mencapai 68.35% yang tergolong kedalam kategori baik dan hasil tes evaluasi ketiga pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 93.75% yang tergolong kedalam kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus II. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Identitas Korporat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:05
Last Modified: 06 Nov 2016 14:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item