Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK DIAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERJA SAMA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 037 PULAU LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Irma Yanti (2013) PENERAPAN TEKNIK DIAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERJA SAMA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 037 PULAU LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131019PGMI.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerja samasiswa kelas III SD Muhammadiyah 037 Pulau Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kamparmelalui penerapan teknik diad. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan teknik diad dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerja sama siswa kelas III SDMuhammadiyah 037 Pulau Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Muhammadiyah 037 Pulau Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 20 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerja sama melalui teknik Diad. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase kemampuan siswa pada sebelum tindakan mencapai persentase 40% dengan kategori “Rendah”, karena 40% berada pada rentang 21% - 40%. Setelah dilakukan tindakan melalui teknik diad, motivasi siswa meningkat dengan persentase 59,16% dengan kategori “Cukup Tinggi” karena berada pada rentang 41% - 60%. Setelah diperbaiki pada siklus II motivasi belajar siswa melalui teknik diad mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 88,33% dengan kategori “Sangat Tinggi”, karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya motivasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 037 Pulau Luas telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan, yaitu diatas 75%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerja sama dengan penerapan teknik diad dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:03
Last Modified: 06 Nov 2016 14:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item