MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SDN 008 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Herawati, (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SDN 008 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013999PGMI.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 008 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN 008 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 008 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, laki-laki berjumlah 14 orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA hanya mencapai rata-rata persentase 48,70%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 65,22% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 65,22% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,87% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 80,87% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), maka keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:01
Last Modified: 06 Nov 2016 14:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item