PENERAPAN METODE COOPERATIVE REVIEW (CR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KENAMPAKKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Rismayeni, (2013) PENERAPAN METODE COOPERATIVE REVIEW (CR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KENAMPAKKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013426PGMI.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kenampakkan alam dan buatan di Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Metode Cooperative Review (CR), dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Metode Cooperative Review (CR) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kenampakkan alam dan buatan di Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar ? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Cooperative Review (CR) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Metode Cooperative Review (CR) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (43,48) siswa yang tuntas, sedangkan 13 orang siswa (56,52%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 orang (65,22%) siswa yang tuntas. Sedangkan 8 orang siswa (34,78%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,96% atau sekitar 20 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:01
Last Modified: 06 Nov 2016 14:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item