PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THREE STAGE FISBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KEMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Jasmawati, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THREE STAGE FISBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KEMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013998PGMI.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: Hasil belajar yang kurang memuaskan, karena tidak mampu mencapai nilai KKM (65) yang telah ditetapkan di SD N 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kurangnya keinginan siswa untuk bertanya ataupun mengajukan pendapat pada guru ketika pembelajaran di kelas. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan cenderung didominasi oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Three Stageisbowl Decision dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Kerajaan Hindu, Budha di Indonesia Siswa Kelas V SD N 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPS. Selanjutnya dari hasil penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan rata-rata 56%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I dengan rata-rata 66,7% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan, selanjutnya pada siklus II juga terjadi, peningkatan dengan rata-rata 77,4% berada pada kategori tinggi. Dengan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Three Stage Fisbowl Decision dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:00
Last Modified: 06 Nov 2016 14:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item