Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL CORE TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK SISWA MTs PADA MATERI SPLDV

SRI WINDAR NINGSIH, - (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL CORE TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK SISWA MTs PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI WINDAR NINGSIH.pdf

Download (42MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Windar Ningsih, (2024) : Pengembangan E-Modul Berbasis Model CORE Terintegrasi Keislaman untuk Siswa MTs pada Materi SPLDV Pengembangan bahan ajar elektronik masih kurang dilakukan pada era teknologi ini. Bahan ajar yang memanfaatkan kecanggihan teknologi akan menjadikan ruang lingkup pembelajaran menjadi tiadak terbatas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman yang valid, praktis, dan efektif pada materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Subjek penelitian ini siswa kelas VII MTs Al- Qasimiyah Sorek Satu. Objek penelitian ini berupa e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman untuk siswa MTs pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket ahli materi dan keislaman, lembar angket ahli teknologi dan soal tes (post-test), dengan jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi pembelajaran dan keislaman serta ahli teknologi pembelajaran dengan hasil yang membuktikan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dengan hasil yang membuktikan bahwa e-modul ini praktis. Dalam uji efektivitas, diperoleh nilai berdasarkan perhitungan uji Mann Whitney U dilanjutkan dengan uji Z yaitu hasil belajar yang signifikan. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol, dimana rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol. Oleh karena itu, e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman untuk siswa MTs pada materi SPLDV telah valid, praktis, dan efektif. Implikasinya e-modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada pemebelajaran matematika khususna pada materi SPLDV. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, CORE, Integrasi Islam, SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAMON MUHANDAZ, --ramon.muhandaz@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 May 2025 06:48
Last Modified: 28 May 2025 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88248

Actions (login required)

View Item View Item