SRI WINDAR NINGSIH, - (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL CORE TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK SISWA MTs PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SRI WINDAR NINGSIH.pdf Download (42MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Windar Ningsih, (2024) : Pengembangan E-Modul Berbasis Model CORE Terintegrasi Keislaman untuk Siswa MTs pada Materi SPLDV Pengembangan bahan ajar elektronik masih kurang dilakukan pada era teknologi ini. Bahan ajar yang memanfaatkan kecanggihan teknologi akan menjadikan ruang lingkup pembelajaran menjadi tiadak terbatas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman yang valid, praktis, dan efektif pada materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Subjek penelitian ini siswa kelas VII MTs Al- Qasimiyah Sorek Satu. Objek penelitian ini berupa e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman untuk siswa MTs pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket ahli materi dan keislaman, lembar angket ahli teknologi dan soal tes (post-test), dengan jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi pembelajaran dan keislaman serta ahli teknologi pembelajaran dengan hasil yang membuktikan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dengan hasil yang membuktikan bahwa e-modul ini praktis. Dalam uji efektivitas, diperoleh nilai berdasarkan perhitungan uji Mann Whitney U dilanjutkan dengan uji Z yaitu hasil belajar yang signifikan. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol, dimana rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol. Oleh karena itu, e-modul berbasis model CORE terintegrasi keislaman untuk siswa MTs pada materi SPLDV telah valid, praktis, dan efektif. Implikasinya e-modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada pemebelajaran matematika khususna pada materi SPLDV. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, CORE, Integrasi Islam, SPLDV.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
| Depositing User: | ftk - | ||||||||
| Date Deposited: | 28 May 2025 06:48 | ||||||||
| Last Modified: | 28 May 2025 06:48 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
