Nur Afni (2013) PENERAPAN STRATEGI RODA PUTAR PEMECAH MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013423PGMI.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Roda Putar Pemecah Masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Roda Putar Pemecah Masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik observasi dan teknik tes. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV lebih meningkat setelah diterapkan Strategi Roda Putar Pemecah Masalah dibandingkan sebelum penerapan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa secara individu hanya mencapai 9 orang dengan ketuntasan klasikal 42,86%, pada siklus I ketuntasan siswa secara individu meningkat menjadi 15 orang dengan ketuntasan klasikal 71,43%, namun belum mencapai 75%. Siklus II ketuntasan individu siswa meningkat lagi menjadi 20 orang siswa, sehinga ketuntasan klasikal siswa mencapai 95,24%. Dengan demikian ketuntasan siswa telah melebihi 75%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:58 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8823 |
Actions (login required)
View Item |