Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MEDIA MUSIK KLASIK SISWA KELAS V SD NEGERI 134 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU

Rezkiyansa Ilham (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MEDIA MUSIK KLASIK SISWA KELAS V SD NEGERI 134 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013996PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_2013996PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui media musik klasik siswa kelas V SDN 134 Pekanbaru. Hal ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar siswa tidak mencapai KKM pada mata pelajaran tersebut, jika diberikan tugas latihan atau kelompok sebagian siswa kesulitan dalam menyelesaikannya dan jika pekerjaan rumah atau PR ditanyakan kembali kepada siswa, sebagain besar tidak dapat menjawab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (class action research) yang bertitik tolak pada rumusan masalah yaitu apakah media musik klasik dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI . Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 134 kota pekanbaru. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penggunaan media musik klasik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi usaha mempertahankan kemerdekaan RI. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 67.14%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya yakni 72.14 %.. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan musik klasik dalam pembelajaran IPS materi usaha mempertahankan kemerdekaan RI dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:58
Last Modified: 06 Nov 2016 13:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item