DINI RAHAYU, - (2025) ANALISIS STRATEGI BRANDING PRODUK KULINER HALAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA PENGUSAHA MUSLIM FOOD COURT DI TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dini Rahayu (2025): Analisis Strategi Branding Produk Kuliner Halal Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Pada Pengusaha Muslim Food Court di Tembilahan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha tempat makan yaitu Pengusaha Muslim Food Court Tembilahan yang beralamat di Jl. Baharuddin Yusuf, Sei. Beringin, Kota Tembilahan. Semakin meningkatnya kesadaran konsumen, baik Muslim maupun non-Muslim, terhadap pentingnya memilih makanan yang tidak hanya enak tetapi juga bersih, aman, dan memiliki jaminan kehalalan. Hal ini mendorong perlunya strategi branding yang efektif dalam membentuk kepercayaan konsumen. Maka permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi branding produk kuliner halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen pada pengusaha muslim food court di Tembilahan?. (2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat yag dihadapi pengusaha muslim food court dalam menerapkan strategi branding?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi branding produk kuliner halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen pada pengusaha muslim Food Court di Tembilahan. Metode penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah di atas, Penulis mengambil Lokasi penelitian di Pengusaha Muslim Food Court kota Tembilahan, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 3 karyawan dan 6 konsumen di Pengusaha Muslim Food Court Tembilahan. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang dipergunakan adalah metode analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding yang diterapkan oleh Pengusaha Muslim Food Court berhasil membangun identitas brand yang kuat melalui (Brand Positioning, Brand Personality, Brand Identity, dan Brand Trust) dengan penamaan tempat, visual islami, pelayanan ramah, serta jaminan kehalalan produk. Strategi ini meningkatkan kepercayaan konsumen, baik Muslim maupun non-Muslim. Faktor pendukung antara lain: citra religius dan kejujuran pemilik usaha, sertifikaat halal yang terpajang jelas, konsistensi branding dalam pelayanan, makanan yang disajikan benar-benar halal, mendukung bisnis kuliner lain dan target pasar food court pengusaha muslim semua kalangan. Adapun faktor penghambat yang ditemukan meliputi: susah merekrut karyawan yang sesuai dengan citra brand islami dan kurangnya inovasi menu atau konsep. Kata Kunci: Strategi Branding, Kuliner halal, Kepercayaan Konsumen, Food Court.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
| Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
| Date Deposited: | 27 May 2025 03:50 | ||||||||||||
| Last Modified: | 27 May 2025 03:50 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
