PENERAPAN STRATEGI PUSAT ALAM SEMESTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Benny Akmal, (2013) PENERAPAN STRATEGI PUSAT ALAM SEMESTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013984PGMI.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SD Negeri 015 Koto Perambahan, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa kelas V yaitu rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada nilai IPS siswa masih rendah dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Melihat kenyataan di lapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi Pusat Alam Semesta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Strategi Pusat Alam Semesta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan Siklus II dua kali pertemuan . Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa dikelas sebelum tindakan adalah 45.2% dengan nilai rata-rata kelas 60.6, pada siklus I diketahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berada pada persentase 64.5% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 65.3, dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase 77.4% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 70.4. Dengan demikian secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas V terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pusat Alam Semesta ini dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:56
Last Modified: 06 Nov 2016 13:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item