PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Rida Lestari, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013420PGMI.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 004 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar,dalam pembelajaran IPS terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Hanya 4 siswa atau 16% dari seluruh siswa yang berjumlah 25 orang mencapai nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 65 untuk mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 004 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran berbasis Modul untuk mengoptimalkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 004 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 54 berada pada interval 50 – 59 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis Modul pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 65 berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 76 berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Modul dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 004 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:53
Last Modified: 06 Nov 2016 13:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item