PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 014 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Asnimar, (2013) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 014 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013419PGMI.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya mata pelajaran sain melalui penerapan model siklus belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 014 Kuok. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah penerapan model siklus belajar pada materi sifat-sifat cahaya mata pelajaran sains. Penelitian ini penulis lakukan di sekolah dasar negeri 014 kuok pada siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan tes secara lisan maupun tertulis. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklsifikasikan menjadi dua kelompok yaitu dalam kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang kuantitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Selanjutnya data yang bersifat kuantitatif yang berwujud angka-angka dipersentasekan dan ditafsirkan. Kesimpulan analisa data atau hasil penelitian dibuat bentuk kalimat-kalimat (kuantitatif). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu : dari hasil tindakan pada siklus II pertemuan II dan tes hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Kuok menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa telah tuntas belajarnya. Karena telah mencapai lebih dari 80% dari jumlah seluruh siswa maka tindakan siklus ke II dipandang sudah berhasil. Hal ini menujukkan bahwa penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran sains siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 014 Kuok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:52
Last Modified: 06 Nov 2016 13:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item