PUTRI RIANA, - (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SIRKUIT MANDALIKA KECOA RACING (SIM KERANG) UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISIYAH MENAMING KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL(BAB IV).pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Putri Riana (2025): Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sirkuit Mandalika Kecoa Racing (Sim Kerang) Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisiyah Menaming Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengembangkan ISirkuit IMandalika Kecoa IRacing i(Sim iKerang) iyang imemiliki inilai iedukasi idalam menstimulasi iaspek iperkembangan ikognitif ianak iusia dini idan imengetahui kelayakan ISirkuit IMandalika IKecoa IRacing i(Sim iKerang). Metode ipenelitian ini iadalah imetode pengembangan ijenis iResearch iand iDevelopment i(R&D) dengan imodel ADDIE. i Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di TK Aisiyah Menaming, sedangkan objek penelitian yaitu pengembangan alat permainan edukatif Sirkuit Mandalika Kecoa Racing untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun. Teknik ipengumpulan data menggunakan iangket, observasi, dan dokumentasi. Teknik ianalisis data dalam penelitian iadalah menggunakan data yang diperoleh idari imasukan validator pada itahap validasi, masukan iahli media dan imenggunakan istatistik perhitungan iskor iyang didapatkan idari jawaban responden ipada iskala ilikert. Hasil ipenelitian iini diperoleh berdasarkan penilaian idari iahli imedia idengan hasil ipersentase 81,25%, penilaian iahli materi idiperoleh isebesar i93,3%, penilaian ikepala sekolah idan guru diperoleh sebesar i92%, isehingga ipenilaian dari iangket validator dikategorikan i“Sangat Layak”. iSedangkan ipenilaian iuji coba produk pada anak memperoleh persentase i93% dengan idikategorikan “Sangat Layak”. Adapun temuan idalam penelitian iini iadalah ianak imampu memahami simbol, anak mampu memahami iidentitasnya, ianak imampu memahami isebab iakibat, anak I mampu mengklasifikasi ibentuk, iwarna, iukuran dan ijumlah, ianak idapat memahami angka ibaik iitu imengenal ibentuk iangka, berhitung idengan jari,idan operasi penjumlahkan, iselain iitu ianak ijuga imampu bersikap isabar dalam menunggu giliran ibermain, isaling itolong imenolong, kerja isama, sfortif idalam bermain baik iitu imenang idan ikalah isaat ibermain menggunakan Ialat permainan edukatif ISirkuit IMandalika Ikecoa Racing, sehingga idapat disimpulkan ibahwa produk ihasil ipengembangan ialat permainan iedukatif Sirkuit iMandalika Kecoa Racing i(Sim iKerang) iuntuk menstimulasi iaspek kognitif ianak iusia i5-6 Tahun idi iTK iAisiyah iMenaming Kecamatan iRambah Kabupaten iRokan Hulu ilayak iuntuk idi igunakan. Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif Sirkuit Mandalika Kecoa Racing, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | ftk - | ||||||||
| Date Deposited: | 23 May 2025 02:52 | ||||||||
| Last Modified: | 23 May 2025 02:52 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
