UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL R. GLASSER PADA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nurhidayah, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL R. GLASSER PADA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013418PGMI.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar sangat tergantung pada sejumlah aktivitas yang dilakukan. Dalam belajar siswa dituntut untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran dan seorang guru perlu merencanakan dan menngunakan strategi pembelajaran, sehingga dapat mewujudkan hasil belajar yang maksimal dan sempurna. Oleh karena itu guru perlu menggunakan strategi dalam proses pembelajaran agar murid tidak merasa bosan sehingga bisa menarik perhatian siswa dan tujuan pembelajaran tercapai secara efaktif dan efisien. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi berwudu’ melalui model R. Glasser kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar,.Data tentang kemampuan siswa diperoleh melalui lembaran observasi pada 17 orang siswa kelas II, begitu juga data tentang usaha peneliti dalam meningkatkan kemampuan siswa diperoleh melalui lembar observasi mulai dari observasi awal, observasi siklus I dan observasi siklus II. Selanjutnya dihitung jumlah jawaban responden pada setiap siklus dan dihitung dengan rumus: PK= JT/JS X 100% Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil awal 6 orang yang tuntas (35,29%), siklus I menjadi 10 orang yang tuntas (58,82) dan siklus II meningkat 15 orang yang tuntas (88,23%). Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model R. Glasser dapat meningkatkan hasil belajar murid pada pokok bahasan berwudu’ kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:50
Last Modified: 06 Nov 2016 13:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8814

Actions (login required)

View Item View Item