PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI MEMAHAMI SYSTEM PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAHAN KECAMATAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Baiyani Sohiro, (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI MEMAHAMI SYSTEM PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAHAN KECAMATAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013417PGMI.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar PKn pada materi memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. penelitian ini adalah untuk menenerapkan strategi active knowledge sharing dalam pembelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV tahun 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan yang menjadi objek adalah motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi active knowledge sharing . Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan/Persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan. 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa presentase motivasi belajar siswa sebelum tindakan berada pada klasifikasi rendah dengan persentase 35%, pada siklus I pertemuan pertama motivasi belajar siswa berada pada klasifikasi sedang dengan presentase 49,16%,dan pada siklus I perternuan kedua motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase 58,33% berada pada klasifikasi sedang, dan pada siklus II pertemuan ketiga motivasi belajar siswa meningkat dengan presentase 66,66% yang berada pada klasifikasi tinggi, kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan keempat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase 83,33% dari keseluruhan jumlah siswa yang berada pada klasifikasi sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:48
Last Modified: 06 Nov 2016 13:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8813

Actions (login required)

View Item View Item