Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Investigasi Tim untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar

Ana Okfiana, (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Investigasi Tim untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013942PGMI.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50,00% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 95,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe investigasi tim dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:49
Last Modified: 06 Nov 2016 13:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item