PENINGKATAN PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KLOSUR PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA LUHUR ISLAM TANAH DATAR KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Supriono, (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KLOSUR PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA LUHUR ISLAM TANAH DATAR KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013416PGMI.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenggunaan Model KlosurdalammeningkatkankemampuanmembacasiswapadamatapelajaranBahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Luhur Islam Tanah DatarKecamatanRengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Variabelpenelitianiniterdiridariduavariabelyaitukemampuanmembacasiswa variabel X, danpenggunaanmodel klosurvariabel Y yang merupakanobjekpenelitian.PenelitiantelahdilaksanakanpadabulanJuli 2011 - Januari 2012.Bentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas. Dari hasilobservasisebelumtindakanrata-rata tingkat kemampuan membaca siswa 33%, pada siklus I pertemuan 1 kemampuan siswa rata-rata hanya 35% berkategori rendah, siklus I pertemuan 2 kemampuan siswa rata-rata hanya 57% berkategori rendah, sedangkan siklus kedua terjadi peningkatan. Siklus II pertemuan 1 kemampuan siswa rata-rata hanya 72% berkategori tinggi.Siklus II pertemuan 2 kemampuan siswa rata-rata hanya 88% berkategori sangattinggi. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran pada pembelajaran membaca mata pelajaran bahasa Indonesia dengan Metode Membaca Klosur dapat dikatakanberhasil, meskipun ketuntasan individu belum mencapai sepenuhnya, namun ketuntasan kelas meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:47
Last Modified: 06 Nov 2016 13:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item