Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “PEMERANAN LAKON YANG TIDAK MEMBUAT GROGI SISWA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Jeni Citra Diana (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “PEMERANAN LAKON YANG TIDAK MEMBUAT GROGI SISWA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013941PGMI.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Pemeranan Lakon yang Tidak Membuat Grogi Siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan September 2012 sampai bulan Maret 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan jumlah 26 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktvitas siswa dan nilai ulangan harian kemampuan berbicara siswa. Data dikumpulkan dengan cara mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh observer dan tes penampilan setelah pembelajaran dilaksanakan. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tiap kali pertemuan. Nilai siswa pada ulangan harian sebelum tindakan mendapat rata-rata 6,4 dengan persentase ketuntasan 23,07%, dan secara klasikal siswa tidak tuntas. Pada ulangan harian I, rata-rata nilai siswa 7,4 dengan persentase ketuntasan 61,53% dan secara klasikal siswa tidak tuntas. Sedangkan ulangan harian II rata-rata nilai siswa 8,2 dengan persentase ketuntasan 88,46% dan secara klasikal siswa tuntas. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mendapat skor 16 dengan persentase 80% dan klasifikasi baik. Pada pertemuan kedua mendapat skor 18 dengan persentase 90% dan klasifikasi sangat baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama skor guru 20 dengan pertsentase 100% dan klasifikasi sangat baik. Demikian juga ketika pertemuan kedua skor guru 20 dengan persentase 100% dan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mendapat skor 87 dengan persentase 66,92% dan klasifikasi sedang. Pada pertemuan kedua mendapat skor 108 dengan persentase 83,07% dan klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama skor yang diperoleh siswa 126 dengan persentase 96,92% dan klasifikasi sangat baik. Selanjutnya pada pertemuan kedua siswa mendapat skor 127 dengan persentase 97,96% dan klasifikasi sangat baik. Dengan demikian strategi pembelajaran Pemeranan Lakon yang TIdak Membuat Grogi Siswa dapat meningkatkan keteampilan berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:46
Last Modified: 06 Nov 2016 13:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item