PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI BINA UMMAH KOTA BATAM

Fitri Amalia Sari, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI BINA UMMAH KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013414PGMI.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian pendidikan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tim Percepatan Individu dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah Kota Batam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tim Percepatan Individu pada materi pecahan. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif dengan presentase aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa tanpa tindakan angka persentasi 57,5%, aktivitas guru dengan kategori sedang. Pada siklus I angka persentase aktivitas guru mencapai 67 % sedangkan angka persentasi aktivitas siswa dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif team accelerated instruction mencapai 33,3 % berkategori aktivitas tinggi dan 66,7 % dengan kategori sedang. Kemudian pada hasil observasi aktivitas belajar pada siklus I diperoleh 3 orang siswa dengan aktivitas tinggi dengan persentase 14,3% dan 85,7% aktivitas sedang. Pada siklus II diperoleh rata . rata aktivitas guru dengan persentase 81,7% berkategori sangat tinggi, sedangkan untuk aktivitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif team accelerated instructions mencapai 14,3% kategori aktivitas sangat tinggi, 66,7% aktivitas tinggi dan 19% kategori aktivitas sedang. Kemudian pada indikatornya terdapat 5 indikator yang berkategori tinggi dengan persentase .70,5%. Selanjutnya pada siklus III diperoleh persentase aktivitas guru yaitu 90% dengan kategori aktivitas sangat tinggi. Sedangkan aktivitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif team accelerated instructions mencapai 28,6% sangat tinggi dan 71,4% dengan kategori aktivitas tinggi. Kemudian untuk persentase aktivitas belajar siswa mencapai 28,6% sangat tinggi dan 71,4% dengan kategori aktivitas tinggi. Dan untuk semua indikator sudah tercapai dengan persentase masing . masing indikator .70,5%. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tim Percepatan Individu pada materi pecahan dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV MI Bina Ummah Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:45
Last Modified: 06 Nov 2016 13:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item View Item