Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMERANAN LAKON OLEH TIGA ORANG SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Kamisri Rusdi (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMERANAN LAKON OLEH TIGA ORANG SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013940PGMI.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Pemeranan Lakon Oleh Tiga Orang Siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan September 2012 sampai bulan Maret 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan jumlah 19 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktvitas siswa dan nilai ulangan harian kemampuan berbicara siswa. Data dikumpulkan dengan cara mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh observer dan tes penampilan setelah pembelajaran dilaksanakan. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tiap kali pertemuan. Aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan I memperoleh skor 4 dengan persentase 66,7% dan klasifikasi sedang. Pada pertemuan ke II memperoleh skor 5 dengan persentase 83,3% dan klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan I skor guru 6 dengan pertsentase 100% dan klasifikasi sangat baik. Demikian juga dengan ketika pertemuan ke II skor guru 6 dengan persentase 100% dan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan I memperoleh skor 81 dengan persentase 71,05% dan klasifikasi baik. Pada pertemuan ke II memperoleh skor 91 dengan persentase 79,82% dan klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus ke 2 pertemuan I skor yang diperoleh siswa 87 dengan persentase 85,08% dan klasifikasi baik. Selanjutnya pada pertemuan ke II siswa memperoleh skor 100 dengan persentase 87,71% dan klasifikasi baik. Nilai siswa pada ulangan harian sebelum tindakan memperoleh rata-rata 6,6 dengan persentase ketuntasan 36,84 %, dan secara klasikal siswa tidak tuntas. Pada ulangan harian siklus 1, rata-rata nilai siswa 7,4 dengan persentase ketuntasan 63,15 % dan secara klasikal siswa tidak tuntas. Sedangkan ulangan harian siklus 2 rata-rata nilai siswa 7,9 dengan persentase ketuntasan 94,73 % dan secara klasikal siswa tuntas. Dengan demikian strategi pembelajaran Pemeranan Lakon Oleh Tiga Orang Siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa Kelas IV SDN 017 Tanjung Alai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:44
Last Modified: 06 Nov 2016 13:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item