PENERAPAN STRATEGI SINTESIS TIGA MENJADI SATU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Netti Sumarni, (2013) PENERAPAN STRATEGI SINTESIS TIGA MENJADI SATU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013931PGMI.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar, rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar yang berjumlah 18 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu, dan hasil belajar IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat setelah penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 44,44% atau 8 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 16 orang siswa atau dengan persentase 88,89%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:40
Last Modified: 06 Nov 2016 13:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item