Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ABDULLAH AL HARARI: ANALISIS KONTRA NARASI EKSTREMISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

TAMRIN, - (2025) ABDULLAH AL HARARI: ANALISIS KONTRA NARASI EKSTREMISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI TAMRIN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tamrin (2025): Abdullah Al Harari: Analisis Kontra Narasi Ekstremisme dalam Perspektif Pendidikan Islam Ekstremisme dan radikalisme adalah ancaman global yang dapat merusak keimanan sekaligus tatanan kehidupan umat manusia. Berbagai upaya preventif multi sektoral dilakukan demi meminimalisasi meluasnya pengaruh ekstremismeradikalisme di kalangan umat Islam. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Konsep Abdullah al Harari tentang Kontra Narasi Ekstremisme? 2) Apa saja strategi yang digunakan Abdullah al Harari dalam melawan Ekstremis me?.3) Bagaimana pemikiran Abdullah al Harari dapat diaplikasikan dalam Pendidikan Islam untuk mencegah Ekstremisme?. Adapun Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana Abdullah al Harari membangun kontra narasi terhadap Ekstremisme . 2) Untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan Abdullah al Harari dalam melawan Ekstremisme . 3)Untuk mengetahui bagaimana pemikiran Abdullah al Harari dapat diaplikasikan dalam Pendidikan Islam untuk mencegah Ekstremisme . Penelitian ini adalah Penelitian ini adalah Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan bahan-bahan tertulis. Adapun sumber data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi sumber primer dan sumber sekunder. Teknik Pengumpulan adalah Survey Kepustakaan, Telaah Pustaka. Adapun teknik Analisis Data, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Adapun Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konsep Abdullah al Harari tentang Kontra Narasi Ekstremisme, dalam perspektif sosio-historis, pemikiran pendidikan Islam berbasis kontra ekstremisme al-Harari di atas sangat dipengaruhi oleh latar kehidupannya serta konteks sosial di mana al-Harari hidup. Setidaknya terdapat tiga aspek yang mempengaruhi pemikirannya. Pertama, latar keagamaan al-Harari di mana ia adalah seorang penganut setia ideologi ahl alsunnah wa al-jamaah dengan karakter ajaran yang moderat serta memiliki basis intelektual yang kuat dengan ulama generasi salaf. Kedua, maraknya kelompokkelompok keagamaan yang mengusung ideologi ekstrem yang muncul di kisaran abad 19 dan 20 M. Ketiga, kontinuitas tradisi kontra ekstremisme (al-tahdhir wa al-rudud) yang secara genealogis telah lahir dan berkembang pada abad pertengahan Islam. Strategi yang digunakan Abdullah al Harari dalam melawan Ekstremisme,melalui metode talaqqi, Belajar kepada seorang guru yang otoritatif serta tsiqah (terpercaya) dan Belajar secara tertib dan hierarkis. Pemikiran Abdullah al Harari dapat diaplikasikan dalam Pendidikan Islam untuk mencegah Ekstremisme , proses pembelajaran PAI kontra ekstremisme ini bisa dilakukan dengan sintaks Ta„lim, yakni tahap mengenalkan prinsip dasar ajaran Islam moderat sesuai bidang yang dikaji: akidah, fikih atau akhlak-tasawuf beserta dalildalilnya. Tahdhir, yakni melakukan studi kasus dengan mengangkat kelompok keagamaan tertentu yang dinilai ekstrem dengan menyertakan narasi pemikiran keagamaannya yang dinilai menyalahi pokok ajaran Islam moderat. Rudud, yaitu tahap di mana seorang guru membimbing anak didik untuk melakukan kontra narasi atas pemikiran ekstrem kelompok tersebut dengan menggunakan berbagai argumentasi ilmiah. Kata kunci : Abdullah Al-Harari, Kontra Narasi, Ekstramisme

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsuddin Nasution, --SyamruddinNasution@uin-suska.ac.id
Thesis advisorJamaluddin, --Jamaluddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 May 2025 07:30
Last Modified: 20 May 2025 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88028

Actions (login required)

View Item View Item