MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU

Hesti Panora, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013901PGMI.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui pada awal penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi permainan ular tangga yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SDN 183 Pekanbaru. Permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi permainan ular tangga di kelas IVA SDN 183 Pekanbaru. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 183 Pekanbaru pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 40 orang, yaitu 21 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi permainan ular tangga yang akan diterapkan pada mata pelajaran IPA di SDN 183 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan soal evaluasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan soal evaluasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 40 orang siswa yaitu 14 siswa tuntas dan 26 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan klasikal 35%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan individual yaitu 25 siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 62,50%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan individual yaitu 34 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 85%. Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi permainan ular tangga pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SDN 183 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:34
Last Modified: 06 Nov 2016 13:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item