EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU

Syuib, (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011180.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang paling mendasar untuk membina dan mengembangkan potensi manusia yang harus disesuikan dengan nilai-nilai kebudayaan yang ada di masyarakat. Berbagai aspek pendidikan yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan agar pendidikan yang dijalankan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan membuat para pakar pendidikan berkerja secara ekstra untuk menemukan hal yang terbaik bagi dunia pendidikan. Proses penyampaian informasi dalam proses pembelajaran akan menentukan bagaimana hasil dari pada penyampaian informasi tersebut. Agar proses penyampaian tersebut kelihatan lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, maka guru perlu menggunakan media sebagai sarana pembelajaran. Media merupakan alat untuk mengkomunikasikan segala macam pengetahuan pesan, baik secara verbal maupun non verbal. Dalam aktifitas pembelajaran media dapat didefenisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam intraksi yang berlangsung antara pendidik dengan siswa. Ini menunjukan betapa pentingnya paranan media dalam proses pembejaran, dimana media merupakan sarana untuk mengkomunikasikan pengetahun, keterampilan serta teknik-teknik baru Berdasarkan rumusan masalah tersebut, aspek kajian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a. Bagaimana efektifitas penggunaan media audio-visual dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al- Fityah Pekanbarau? b. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas penggunaan media audio-visual dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru? Adapun untuk memproleh data dalam kajian ini maka penulis menggunakan teknik Observasi yaitu mengadakan pengamatan secara langsung terhadap guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Dengan menggunakan : Rumus P=Fx100% N Dari penelitian ini penulis menemukan hasil bahwa Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media audio visual di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru kurang efektif. hal ini dapat kita lihat dari hasil rekapitulasi yang penulis buat bahwa jumlah keseluruhan frekuensi ”ya” berjumlah 37 jika diprosentasekan menjadi 45,68% sedangkan jumlah keseluruhan frekunsi ”tidak” berjumlah 44 dan apabila diprosentasekan berjumlah 54,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:46
Last Modified: 23 Dec 2015 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item