PENERAPAN TEKNIK PARTNER A AND B UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Nurzaima, (2013) PENERAPAN TEKNIK PARTNER A AND B UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013900PGMI.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Teknik Partner A and B dalam meningkatkan Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 005 Binuang tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, lakilaki berjumlah 14 orang dan perempuan berjumlah 8 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Teknik Partner A and B untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah persentase untuk mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan pada setiap siklus pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II, sebelum dilakukan tindakan hanya 10 siswa (45,45%) yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, untuk rata-rata mencapai 59,31 dengan kategori “Rendah”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 meningkat hingga 14 siswa atau (63,64%), untuk nilai rata-rata mencapai 65,68 dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 18 siswa atau (81,82%) siswa yang memperoleh nilai ≥ 65, untuk rata-rata mencapai 80,45% dengan kategori “Tinggi”. Keadaan ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan Teknik Partner A and B dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:32
Last Modified: 06 Nov 2016 13:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item