MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V B MELALUI MEDIA PETA KONSEP DI MIN BATAM KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM

Alimuddin, (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V B MELALUI MEDIA PETA KONSEP DI MIN BATAM KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013399PGMI.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas /PTK (Class Action Reseach berdasarkan hasil pengamatan di MIN Batam Kelurahan Bengkong Kecamatan Bengkong, penelitian ini di latar belakangi oleh di temukannya gejalagejala atau fenomena dalam proses belajar mengjarar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Temuan di lapangan adanya gejala permasalahan, saat ini sering di jumpai guru mengajar masih menggunakan cara-cara atau metode “Konvensional” (Ceramah) termasuk untuk pembelajaran pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentu tidak relevan, akan menimbulkan verbalisme bagi pemahaman anak. Sementara metode ini masih banyak guru yang menyukainya, mereka beranggapan metode ini mudah untuk di laksanakan. Model pembelajaran aktif Peta Konsep (Concept Maps) menawarkan untuk mengubah kebiasaan guru yang bersifat ‘Otoriter’ menjadi ‘Fasilitator’, mengubah kebiasaan pembelajaran ‘Ego-involment’ menjadi ‘Tesk-involment’ sehingga proses pembelajaran menjadi efektif serta dapat : 1. Membangkitkan siswa untuk belajar menemukan sendiri 2. Bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajar 3. Siswa semakin Active dan Cooperative Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan, agar penetian ini dapat di lihat hasilnya, berhasil atau tidak maka dalam proses tindakan peneliti gunakan tahapan-tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Persiapan Tindakan, (3) Pelaksanaan Tindakan, (4) Observasi dan Refleksi. Kemudian data yang di peroleh dalam penelitian ini diolah menggunakan Ketuntasan Belajar pada setiap pembelajaran dan seluruh individu dengan rumus : KBSI = Jumlah skor yang dicapai siswa x 100 % Skor Maksimum Keterangan : KSBI adalah Ketuntasan Belajar Murid Secara Individu Ketuntasan Klasikal = Jumlah skor yang dicapai siswa x 100 % Jumlah Keseluruhan Dengan demikian hasil penelitian ini diolah menggunakan rumus tersebut dan hasilnya, penggunaan strategi pembelajaran media peta konsep (Concept Maps) dapat meningkatkah hasil belajar siswa kelas V B MIN Batam Kecamatan Bengkong Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:30
Last Modified: 06 Nov 2016 13:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item