PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK RESPON KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Rina Andriyani, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK RESPON KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013892PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran proyek respon kreatif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran proyek respon kreatif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains hanya mencapai rata-rata persentase 45,83%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 58,33% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 58,33% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,67% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 81,67% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran proyek respon kreatif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:29
Last Modified: 06 Nov 2016 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item