Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PEKANBARU

AUVI SALSABILA, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Auvi Salsabila, (2025): Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 200 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII.4 dan VIII.5 yang berjumlah 80 orang, dengan rincian 40 orang kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan 40 orang kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji T (independent sampel t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran video animasi dengan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (9,934 > 1,991) dan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIRAWATI, -2004047401mirawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 May 2025 08:12
Last Modified: 14 May 2025 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87931

Actions (login required)

View Item View Item