Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DI MI BINA UMMAH KOTA BATAM

Thontowy Jauhari (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DI MI BINA UMMAH KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013397PGMI.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Class Action Research. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun gejala-gejala yang peneliti temui dilapangan adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang diketahui dari 17 orang siswa, 1) masih rendahnya hasil ujian siswa belum mencapai KKM dimana KKM yang di tetapkan Sekolah adalah 62 sebanyak 10 orang siswa, 2) kurangnya perhatian siswa pada guru ketika menerangkan pelajaran berjumlah 10 orang siswa. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh guru hanya 7 orang siswa yang mendapat hasil yang tinggi, 3) dari 17 orang siswa hanya 7 orang siswa yang bisa memahami dan menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latarbelakang masalah yang telah dipaparkan maka dapat dirumus masalah penelitian ini yaitu : Bagaimanakah penggunaan strategi pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah Batu Aji Kota Batam pada materi rangka dan panca indra manusia. Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah Kota Batam berjumlah 17 orang siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan tahun pelajaran 2012-2013. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran peer lessons. Tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu : 1) perencanaan / persiapan tindakan , 2) pelaksanaan tindakan , 3) observasi dan Refleksi. Berdasar hasil penelitian diketahui hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan 47 % berada dalam kategori masih kurang. Setelah diadakan tindakan siklus I angka menjadi naik 68,96% dalam kategori Baik,sedang kemudian disiklus II skor menjadi 90.47 dikategorikan Baik Sekali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:26
Last Modified: 06 Nov 2016 13:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item