Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING BLENDED LEARNING MODEL ON ENHANCING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT MAN 4 PEKANBARU

PURNAWIKA DWI, - (2025) THE EFFECT OF USING BLENDED LEARNING MODEL ON ENHANCING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT MAN 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PURNAWIKA DWI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

ABSTRAK Purnawika Dwi, (2025) : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa di Madrasah Aliyah 4 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan blended learning dan setelah menggunakan blended learning siswa kelas XI di MAN 4 Pekanbaru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain pra-eksperimental one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 4 Pekanbaru. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 30 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Dalam menganalisis data, peneliti akan menggunakan rumus uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor pre-test sebesar 60% berada pada tingkat "Cukup" dan skor post-test sebesar 43,4% berada pada tingkat "Baik". Hasil perhitungan uji t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 dan Ho akan ditolak jika nilai sig. (2- tailed) lebih dari 0,05. Berdasarkan data tersebut. Dapat diketahui bahwa nilai sig. (2- tailed) menunjukkan angka 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas XI B MAN 4. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh dengan menggunakan rumus effect size yang menghasilkan hasil sebesar 0,99. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan blended learning pada siswa kelas XI MAN 4 Pekanbaru termasuk dalam kategori "Besar", yang mengindikasikan adanya pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI MAN 4 Pekanbaru. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan blended learning dan sesudah menggunakan blended learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas XI MAN 4 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURDIANA, --nurdiana@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 May 2025 02:19
Last Modified: 08 May 2025 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87875

Actions (login required)

View Item View Item