Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM

Yesi Harcan (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013395PGMI.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada MI Iskandar Muda kota Batam diukur dari KKM (kriteria ketuntasan Minumum) sebesar 75, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV sekaligus sebagai subjek penelitian, objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device di MI Iskandar Muda Kota Batam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase individual dan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakan tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75 baru mencapai 62% ketuntasan semetara diharapkan ketuntasan secara klasikal diharapkan mencapai 80%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil yang dicapai naik menjadi 81% hasil yang sangat memuaskan dan sudah mencapai target keberhasilan, namun peneliti melakukan kembali penelitian pada siklus ke II dengan tujuan meyakinkan penulis apakah strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar pada materi yang berbeda dan setelah dilakukan tindakan pada siklus ke II mencapai hasil 90% ketuntasan secara klasikal dengan kategori istimewa, maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Iskandar Muda Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:23
Last Modified: 06 Nov 2016 13:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item