PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI TURNAMEN BELAJAR KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurfitriana, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI TURNAMEN BELAJAR KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013887PGMI.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN 002 pulau rambai kecamatan kampar timur kabupaten kampar, tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 27 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi turnamen belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas III SDN 002 pulau rambai kecamatan kampar timur. Agar penelitian ini berhasil dengan baik dan tanpa hambatan, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dengan penelitian tindakan kelas. Tahapannya yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu stategi turnamen belajar variabel X dan hasil belajar matematika variabel Y. Penelitian ini dilakukan 5 februari 2013-1 Mei 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 002 pulau rambai kecamatan kampar timur kabupaten kampar pada materi pecahan. Pada sebelum tindakan hanya mencapai KKM 7 orang (25,92%) siswa yang tuntas, sedangkan 20 orang (74,07%) siswa belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 12 Orang (44,4%) siswa yang tuntas. Sedangkan 15 orang (55,5%) siswa belum tuntas. Kemudian pada siklus II ketutasan siswa telah melebihi 70%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 81,5% atau sekitar 22 orang siswa telah mencapai KKM telah ditetapkan yaitu 75. Kelemahan-kelemahan melalui strategi belajar pada siklus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat tinggi. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria sangat sempurna, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:22
Last Modified: 06 Nov 2016 13:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item