KARLIANA NOVITA, - (2025) AN ANALYSIS OF ANXIETY IN THE PUBLIC SPEAKING COURSE OF THE DEPARTMENT OF ENGLISH EDUCATION AT STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF SULTAN SYARIFKASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI KARLIANA NOVITA.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
Abstract
ABSTRAK Karliana Novita, (2025) : Analisis Kecemasan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Public Speaking di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sultan Syarif Kasim Riau Studi kasus kualitatif ini menyelidiki kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan mahasiswa dan mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan mereka dalam public speaking. Data dikumpulkan dari mahasiswa semester empat yang mengambil mata kuliah Public Speaking, dengan 30 mahasiswa sebagai responden kuesioner yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan 8 mahasiswa sebagai sampel wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami berbagai tingkat kecemasan, dengan mayoritas melaporkan kecemasan sedang hingga tinggi. Faktor utama yang berkontribusi terhadap kecemasan mereka adalah ketakutan dalam berkomunikasi (communicative apprehension), kecemasan terhadap evaluasi (test anxiety), dan ketakutan akan penilaian negatif (fear of negative evaluation). Temuan menunjukkan bahwa 86,66% mahasiswa mengalami kecemasan sedang hingga tinggi (33,33% sedang, 33,33% agak tinggi dan 20% tinggi), sementara 13,33% melaporkan kecemasan rendah. Faktor utama yang berkontribusi terhadap kecemasan adalah ketakutan dalam berkomunikasi, kecemasan ujian, dan ketakutan terhadap penilaian negatif. Faktor internal meliputi rasa gugup, ketakutan membuat kesalahan, kecemasan sebelum berbicara, pikiran negatif, gejala fisik (seperti gemetar), dan kurangnya kepercayaan diri. Faktor eksternal mencakup tekanan lingkungan, ekspektasi audiens, dan pengalaman negatif sebelumnya. Studi ini menyoroti perlunya intervensi yang tepat, seperti teknik manajemen stres, latihan terstruktur, dan lingkungan belajar yang mendukung, untuk membantu mahasiswa mengatasi kecemasan mereka dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | ftk - | ||||||||
| Date Deposited: | 07 May 2025 07:50 | ||||||||
| Last Modified: | 07 May 2025 07:51 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
