PENERAPAN METODE MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Firdawasi, (2013) PENERAPAN METODE MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013383PGMI.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman selama peneliti mengajar di Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Dan temuan di lapangan ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, seperti pada saat belajar mengajar terdapat siswa yang kurang mampu memahami kembali isi suatu bacaan. Siswa kurang mampu mengemukakan gagasan pokok suatu bacaan. Siswa kurang mampu memberikan tanggapan terhadap bacaan yang telah dibacanya. Hanya sebagian kecil dari siswa yang mampu mendeskripsikannya di depan kelas. Hal ini ditunjukkan dari 22 siswa hanya sekitar 9 siswa yang tergolong mampu. Melihat keadaan tersebut peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode membaca pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek atau sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan data penelitian diketahui rata-rata persentase kemampuan siswa pada awal tes yaitu 68.9%, pada siklus I meningkat menjadi 78.7%, dan pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa kembali meningkat menjadi 86.2%, serta tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 86.4%. Itu berarti siswa telah mencapai keberhasilan yang telah ditentukan. Dan hasil penelitian dapat dilihat bahwa metode membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:15
Last Modified: 06 Nov 2016 13:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item