Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI JURNAL KATA PADA SISWA KELAS V SDN 018 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Rinda Lestari (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI JURNAL KATA PADA SISWA KELAS V SDN 018 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013378PGMI.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan terhadap bacaan yang telah dibacanya, kurangnya kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan terhadap bacaan yang telah dibacanya, kurangnya kemampuan siswa dalam mengemukakan gagasan pokok dalam bacaan, dan guru Bahasa Indonesia dalam menjelaskan pelajaran menggunakan metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi dan belum pernah menggunakan strategi jurnal kata. Agar peneltian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran peneltian, peneliti meyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu:1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi jurnal kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase 59% dengan kategori “Sedang” karena 59% berada pada rentang 55%-69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Sedang” karena 67% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan kategori “ Baik” karena sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V SDN 018 Tanjung dalam membaca pemahaman mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi jurnal kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 018 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:10
Last Modified: 06 Nov 2016 13:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item