MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN KENTANG PANAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR

Sri Itriani, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN KENTANG PANAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013886PGMI.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang tergolong rendah. Berdasarkan tes awal yang penulis peroleh setelah pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar, peneliti mendapati bahwa hanya sebagian kecil siswa (42%) dari 24 siswa yang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan masalah yang akan di teliti adalah: Bagaimana strategi lingkaran pertanyaan kentang panas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar? Tujuan yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012- 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 68.889% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 77.037% juga dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 81.852% dengan ketegori baik. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar. Kata kunci: Strategi Lingkaran Pertanyaan Kentang Panas, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:20
Last Modified: 06 Nov 2016 13:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8778

Actions (login required)

View Item View Item