PENGARUH KURIKULUM DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nurhikmah, (2013) PENGARUH KURIKULUM DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013374PGMI.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh materi kurikulum Diniyah Takmiliyah Awaliyah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan antara materi kurikulum DTA Darush Shalihat dan DTA Darul Ulum terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 017 Tanjung Alai yang mengikuti Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah dari kelas II (dua) sampai kelas V (lima). Objek penelitian ini adalah pengaruh materi kurikulum Diniyah Takmiliyah Awaliyah terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian populasi denga jumlah populasi adalah 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik regresi linear untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan materi kurikulum DTA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Semakin tinggi pengetahuan siswa terhadap materi kurikulum DTA maka semakin tinggi pula hasil belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Begitu juga sebaliknya semakin rendah pengetahuan siswa terhadap materi kurikulum DTA semakin rendah pula hasil belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun besar persentase pengaruh variabel materi kurikulum DTA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 53,9%. Sedangkan sisanya sebesar 46,1% (100%-53,9%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:04
Last Modified: 06 Nov 2016 13:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item