PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Elsi Noparita, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013884PGMI.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas IV SD Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara. Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa Kelas IV SD Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara. yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, hasil belajar PKn sebelum dilakukan tindakan yaitu 66,5 dan siswa yang mencapai KKM hanya 45%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang bernilai di atas KKM yaitu siklus I ada 14 orang 70% dengan nilai rata-rata 68,75. Pada siklus ke II yaitu 17 orang 85% dengan nilai ratarata 73. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara, artinya apabila penerapan strategi Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilaksanakan secara benar sesuai dengan langkahlangkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:04
Last Modified: 06 Nov 2016 13:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item