PENERAPAN STRATEGI PARAGRAF PENUNTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Fitri Handayani, (2013) PENERAPAN STRATEGI PARAGRAF PENUNTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013373PGMI.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa terutama pada siswa kelas V SDN 001 Tualang, hal ini dikarenakan dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran PKn, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan keaktifan belajar siswa belum optimal, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Kewarganegaran (PKn) pada Materi Kebebasan Berorganisasi Siswa kelas V SDN 001 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dengan penerapan Strategi Pembelajaran Pargraf Penuntun. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PKn. Pada data awal diperoleh angka persentase 39.7%, pada siklus I pertemuan pertama secara klasikal mencapai rata-rata persentase 50.0% dan pada pertemuan kedua mencapai rata-rata persentase 54.9%, pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 70.1% sedangkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 81.5% berada pada interval 76-100% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi paragraph penuntun dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kebebasan berorganisasi siswa kelas V SDN 001 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:02
Last Modified: 06 Nov 2016 13:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item