PENERAPAN STRATEGI DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 015 SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Ervina Hidayu, (2013) PENERAPAN STRATEGI DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 015 SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013881PGMI.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Tonang kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar, yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains, maka peneliti merasa perlu melakukan perbaikan dan pembaharuan dalam peningkatan keaktifan belajar siswa dengan melakukan penelitian yang menerapkan strategi demonstrasi bisu (silent demonstration) dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi demonstrasi bisu (silent demonstration) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V SDN 015 Sungai Tonang kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Sungai Tonang kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus. instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa yang berupa keaktifan belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menerapkan strategi demonstrasi bisu (silent demonstration). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, diperoleh peningkatan pada keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat pada perolehan skor yang didapat dalam setiap siklus. Adapun perolehan skor pada keaktifan belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai 44% dengan kategori “rendah”. Kemudian perolehan rata-rata skor pada siklus I dengan pembelajaran yang menerapkan strategi demonstrasi bisu adalah 54.3% dengan kategori “rendah”, dan perolehan skor pada siklus II meningkat dengan rata-rata 77.81% dalam kategori “tinggi”. Dari pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi demonstrasi bisu (silent demonstration) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sains di kelas V SDN 015 Sungai Tonang kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar. Kata kunci : Keaktifan belajar siswa dan strategi demonstrasi bisu (silent demonstration

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:01
Last Modified: 06 Nov 2016 13:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item