PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MATERI ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI SDN 024 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Yessy Jessy, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MATERI ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI SDN 024 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013880PGMI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan strategi pembelajaran Word Square pada Siswa Kelas IV materi energi panas dan energi bunyi Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai Bangun. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai Bangun yaitu: 1) Hanya 8 orang (16%) siswa yang tergolong aktif dan mau bertanya kepada guru saat proses pembelajaran di kelas. 2) Siswa kurang kritis dengan mata pelajaran yang diajarkan, misalnya bertanya atau bahkan enggan bertanya jika kurang mengerti. 3) Dari 50 orang siswa 26 orang (52%) kurang bergairah dalam belajar, hal ini terlihat dari siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing tanpa memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran. 4) Dalam proses pembelajaran guru kurang menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga terlihat kelesuan dalam belajar.. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 50 orang, yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan dengan kemampuan akademik yang heterogen. Objek penelitian ini sendiri adalah penerapan Strategi Word Square. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat, hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa setelah tindakan siklus I pertemuan 1 sebesar 51% dengan kategori “sedang” pada pertemuan 2 menjadi 62% dengan kategori juga ‘sedang” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 73% dengan kategori “tinggi”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 86% dengan kategori “sangat tinggi”. Artinya melalui strategi word square pada mata pelajaran IPA materi materi energi panas, maka motivasi belajar siswa kelas kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai Bangun, meningkat. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Word Square, motivasi belajar, energi panas dan energy bunyi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:00
Last Modified: 06 Nov 2016 13:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item