MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI MURID KELAS IV MI AL-IKHWAN KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

Linda Suryawati, (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI MURID KELAS IV MI AL-IKHWAN KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013878PGMI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika murid kelas IV MI AL- Ikhwan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas IV MI AL- Ikhwan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah murid kelas MI AL- Ikhwan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru” dengan jumlah murid 33 orang dan objeknya adalah penggunaan alat peraga dan meningkatkan motivasi matematika murid. Pengambilan data dalam penelitian adalah dengan observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama sebelum tindakan, pertemuan kedua dan ketiga dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus pertama yang menggunakan alat peraga hanyalah gurunya sedangkan murid hanya memperhatikan. Pada siklus kedua penulis melakukan penambahan dalam pembelajaran menggunakan alat peraga yaitu murid juga membawa alat peraga pada setiap kelompok. Data yang diperoleh melalui observasi, kemudian dianalisis menggunakan persentase P = x100% N F Berdasarkan hasil observasi di simpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas IV MI AL- Ikhwan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari hasil observasi sebelum tindakan motivasi belajar murid adalah 49,2 % dengan kategori “kurang”. Setelah tindakan pada siklus I motivasi belajar murid adalah 65,9 % dengan kategori “Baik atau minimal” dan pada siklus II motivasi belajar murid adalah 83,8 % berada dalam kategori “ Baik sekali atau optimal”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:58
Last Modified: 06 Nov 2016 12:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item