PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI TEKNIK PIKIRAN YANG PENUH TANYA SELALU INGIN MENGETAHUI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TANAH TINGGI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Pita Rosita, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI TEKNIK PIKIRAN YANG PENUH TANYA SELALU INGIN MENGETAHUI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TANAH TINGGI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013874PGMI.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alammelalui teknik pikiran yang penuh tanya selalu ingin mengetahui. Rumusan masalah pada penelitian ini adalahbagaimanakah penerapan melalui teknik pikiran yang penuh tanya selalu ingin mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SDN 013 Tanah Tinggi kecamatan Tapung Hilir kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalahguru dan siswa kelas IVsekolah dasar negeri 013 Tanah Tinggi kecamatan Tapung Hilir kabupaten Kamparyang berjumlah 24 orang, yang terdiri orang 13 laki-laki dan 11 orang perempuan dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan melalui teknik pikiran yang penuh tanya selalu ingin mengetahui untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisa data dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,83% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 83,33%. Penerapan teknik pikiran yang penuh tanya selalu ingin mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas IVSekolah Dasar Negeri 013 Tanah Tinggi kecamatan Tapung Hilir kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:57
Last Modified: 06 Nov 2016 12:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8764

Actions (login required)

View Item View Item